Monday, March 5, 2018

perbedaan line dan polyline di autocad

line dan polyline merupakan tools yang sangat penting di autocad. dan wajib bagi pengguna autocad untuk dapat mengetahui perbedaan antar keduanya dan dapat menggnakannya dengan tepat sesuai dengan kebutuhan.














line dan polyline biasanya kita gunakan untuk membuat garis garis gambar pada autocad. nah, apakah perbedaan dari keduanya dan pada saat apa kita menggunakannya?? langsung saja berikut pembahasannya...

pada dasarnya line dan polyline memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membuat garis, perbedaannya adalah kalau kita membuat garis lebih dari satu menggunakan line, garis-garis yang kita buat tadi tidak tersambung secara permanen ( terpisah ), sedangkan jika kita menggunakan polyline garis-garis yang kita buat semuanya tersambung dan menjadi satu. perharikan gambar di bawah ini !!














pada gambar di atas terdapat dua buah garis, garis yang ada di atas dibuat menggunakan line dan garis yang dibawah dibuat menggunakan polyline. seperti penjelasan tadi bahwa garis-garis yang dibuat dengan line itu terputus. lihat gambar, jika kita mengarahkan pointer atau mengklik garisnya maka hanya garis yang kita klik saja yang akan terblok, jadi ketika kita akan menjalankan suatu fungsi pada garis tersebut makan hanya garis yang terblok saja yang akan berpengaruh sementara garis lainnya tidak.

sedangkan garis yang dibuat dengan polyline, itu tersambung semua, lihat gambar di atas, garis yang ada di baawah dibuat dengan menggunakan polyline, ketika kita mengarahkan pointer atau mengklik garisnya makan secara otomatis semua garis yang kita buat tadi akan terblok, dan fungsi yang akan kita jalankan akan berpengaruh pada semuanya.

itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan line dan polyline di autocad. pada dasarnya keduanya merupakan tools yang penting dan teman2 dapat memilih menggunakan yang mana sesuai kebutuhan dalam menggambar.


baca juga artikel tentang :
cara setting drawing limits di autocad
cara setting units di autocad


thanks for read!!!!

No comments:

Post a Comment